Monday, November 10, 2014

Tour De Khatulistiwa


Balap sepeda di tengah Kota Pontianak kembali akan digelar Maret mendatang. Balap sepeda berskala internasional merupakan rangkaian dari Tour De Khatulistiwa 2014.

“Tour De Khatulistiwa ini yang kedua kalinya kita laksanakan. Kota Pontianak merupakan pintu masuknya Kalbar. Jadi kegiatan juga diadakan di Pontianak supaya orang tahu Cap Go Meh tidak hanya ada di Singkawang,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kalbar, Simplisius, Rabu (22/1).

Tour De Khatulistiwa merupakan kegiatan balap sepeda dan tour sepeda melewati garis Khatulistiwa dari Kota Pontianak menuju Kota Singkawang.

Ia mengatakan, salah satu yang didukung oleh Dinas Pariwisata adalah pameran Tour De Khatulistiwa. Pameran tersebut akan diikuti oleh semua kabupaten/kota se Kalbar.

“Kita berharap melalui even Tour De Khatulistiwa dan Cap Go Meh kunjungan wisata ke Kalbar semakin meningkat dari tahun sebelumnya. Selain itu kita harapkan bisa mendongkrak perekonomian di Kalbar,” ujarnya.

Simplisius menjelaskan, perayaan Cap Go Meh ini bukan hanya berskala nasional tetapi sudah mendunia. Terutama masyarakat dari China, Taiwan datang ke Kalbar bukan hanya sekedar menyaksikan pertunjukan Cap Go Meh. Tetapi melihat sejarah bangsa Indonesia. “Mereka datang kesini lagi untuk bertemu dengan keluarga,” katanya.

Tahun lalu event  balap sepeda yang baru kali pertama digelar ini mengambil rute sepanjang 153 kilometer. Tercatat, ada 300 peserta dari 10 negara ASEAN dan satu negara Asia, yakni Indonesia, Brunei, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja, Laos, Filipina, Timor Leste, dan China berpartisipasi dalam Tour de Khatulistiwa.
Share this article

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 BULETIN BORNEO • All Rights Reserved.
Distributed By Free Blogger Templates | Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top