Monday, November 10, 2014

Tempat Wisata di Kota Pontianak

Istana Kadriah

Obyek Wisata Bersejarah Pontianak Istana Kadriah

Istana Kadriah adalah bangunan pusat pemerintahan kesultanan Pontianak yang didirikan oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie yaitu Sultan pertama Pontianak. Bangunan Istana Kadriah yang terbuat dari kayu dan sampai saat ini masih berdiri dengan kokoh. Di bangunan Istana Kadriah terdapat berbagai peninggalan Sultan Pontianak, perhiasan, mahkota, benda-benda kuno dan peninggalan-peninggalan sejarah lainnya. Banyak wisatawan yang sering mengunjungi tempat ini saat musim liburan. Anda dapat menjumpai Istana Kadriah yang terletak di pusat kota Pontianak.

Masjid Jami

Obyek Wisata Bersejarah Pontianak Masjid Jami

Masjid Jami ini adalah salah satu peninggalan oleh Sultan Pontianak yang terletak di tepi sungai Kapuas. Anda dapat menikmati masjid jami yang keindahannya masih terjaga sampai saat ini. Masjid jami juga masih berfungsi sebagai tempat kegiatan agama warga setempat.

Makam Batu Layang

Obyek Wisata Bersejarah Pontianak Makam Batu Layang

Anda dapat mengunjungi tempat Makam Batu Layang yang merupakan komplek pemakaman Sultan Pontianak. Anda dapat menjumpai makam keseluruhan keluarga Sultan Pontianak yang dimakamkan disini. Makam Batu Layang terletak dekat dengan Tugu Khatulistiwa.

Museum Pontianak

Obyek Wisata Bersejarah Pontianak Museum

Museum Pontianak ini terletak di jalan Ahmad Yani Pontinak. Anda dapt menemukan berbagai benda-benda bersejarah di dalamnya. Dari berbagai hasil budaya asli khas Kalimantan Barat seperti kerajinan traditional, keramik Tionghoa, dan aneka benda-benda bersejarah.
Selain itu Meseum Pontianak juga melakukan berbagai kegiatan seperti pameran, pemanduan kepada pengunjung, hasil karya tulis, hasil koleksi, ceramah, lomba, dan lain-lainya.

Tugu Khatulistiwa

Obyek Wisata Bersejarah Pontianak Tugu Khatulistiwa

Tuga Khatulistiwa ini didirikan pada tahun 1928 oleh belanda dengan tim ekspedisi astronominya. Tugu Khatulistiwa yang merupakan sebuah monumen peninggalan belanda ini berdiri tepat di persilangan garis nol derjat garis lintang. Saat ini Tugu Khatulistiwa terletak di sebuah gedung yang berada di daerah Siantan, Kota Pontianak Utara.

Kelenteng Bodhisatva Metta

Obyek Wisata Bersejarah Pontianak Kelenteng Boddhisatva Metta

Kelenteng Bodhisatva Metta merupakan salah satu tempat ibadah bagi umat Buddha untuk berdoa. Kelenteng yang dibangun pada tahun 1689 ini terletak di Komplek Pasar Kapuas Indah Pontianak. Keindahan dari Kelenteng Bodhisatva Metta ini sangat bersih dan tetap di jaga dengan perawatan yang baik.
Share this article

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 BULETIN BORNEO • All Rights Reserved.
Distributed By Free Blogger Templates | Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top